Blog Future Leader Summit

Tiga Langkah Berpikir Kreatif

Hidup di jaman millennium dimana hampir semua aspek kehidupan sudah tersentuh oleh terknologi sangatlah menyenangkan. Semuanya serba mudah, tidak perlu ribet. Namun jangan terbuai dengan fasilitas yang sudah ada, jangan biarkan kemampuan kognitif kita malah mandek. Sebenarnya berbagai temuan dan keberhasilan dari para tokoh besar berasal dari satu akar yang sama, yaitu dengan cara pikir kreatif. Meski kreatif biasanya dihubungkan dengan seni, namun tidak semua orang yang mempunyai cara pikir kreatif adalah seniman.

Berpikir kreatif adalah suatu cara berpikir yang mana berusaha menciptakan gagasan atau ide baru yang fresh. Berpikir kreatif juga dapat dikatakan berpikir divergen yang merupakan cara berpikir dengan memberikan berbagai kemungkinan jawaban untuk pertanyaan yang sama seperti melihat suatu permasalahan dari berbagai perspektif. Kemampuan berpikir kreatif seseorang akan semakin tinggi jika mampu memberikan semakin banyak solusi untuk suatu masalah dengan menekankan ketepatgunaan yang belum umum diterapkan. Produk dari cara berpikir kreatif adalah kreativitas yang dapat menghasilkan sesuatu yang baru dan segar, dari sesuatu yang sebelumnya belum ada, atau kombinasi baru dari sesuatu yang sudah ada. Untuk itu penemuan teknologi, penetapan kebijakan, temuan teori dan lainnya merupakan hasil dari berpikir kreatif. Dengan begitu, cara berpikir kreatif sangat penting peranannya dalam hidup. Dengan mulai belajar berpikir kreatif, para pemuda belajar pula meningkatkan kualitas hidupnya. Berikut adalah tiga langkah yang dapat diikuti untuk mulai berpikir kreatif.

Warm Up

Sebagai pemuda berkualitas, mulailah dengan pemanasan seperti menuliskan masalah-masalah yang ada di sekitar kita, kemudian mulai mengidentifikasi aspek yang mempengaruhinya. Kita dapat memunculkan berbagai pertanyaan terkait dengan masalah tersebut.  Kita juga dapat mendapatkan sebanyak mungkin informasi yang relevan dengan masalah tersebut lalu kemudian informasi tersebut dapat diproses secara analogis untuk menjawab pertanyaan yang timbul sebelumnya. Pada akhir tahap pemanasan ini, kita perlu mengoptimalkan fungsi otak untuk menghubungkan aspek pemsalahan dengan inti permasalahan serta informasi yang telah dimiliki.

Finding Inspiration

Dalam proses pencarian inspirasi ini perlu keadaan yang tenang dan tidak kegabah. Proses ini sangat bergantung pada informasi yang kita serap karena semakin banyak informasi maka akan semakin banyak inspirasi yang akan muncul. Inspirasi yang muncul ini sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja karena terkadang inspirasi datang diwaktu yang tak terduga dan mudah hilang lagi dalam pikiran. Untuk itu kita perlu memperjelas inspirasi-inspirasi yang muncul atau mengiluminasinya salah satunya dengan menuangkan inspirasi dalam tulisan.

Breaking Through the Box

Setelah semua inspirasi dikumpulkan dan dimatangkan dengan informasi yang didapat, tinggal menguji dan menilai dengan kritis hasil akhir dari pemikiran kita tersebut. Hilangkan semua batasan-batasan yang mengungkung gagasan yang kita dapatkan. Karena slogan think out of the box merupakan panutan orang yang cara berpikirnya tidak konvensional. Berpikir kreatif membutuhkan kebebasan dalam berpikir dan berekspresi, yang juga kemandirian berpikir. Untuk itu, jangan takut jika menghasilkan pemikiran atau gagasan yang luar biasa aneh atau bahkan dianggap tidak rasional ya, Young Leaders!

Atikah Rahmawati

Add comment

Paling Populer

Kategori Artikel