Blog Future Leader Summit

Selo Pangestu: Pemuda, Faktor Penting Pembangunan Kota

Selo-Pangestu-Imawan

Dalam sisi kepemudaan, atau orang-orang dengan usia produktif, semarang dinilai memiliki potensi terhadap hal itu. Fakta ini merupakan sumberdaya yang tidak boleh diabaikan dalam rangka pembangunan Kota Semarang. Hal ini disampaikan oleh Aktivis Pemuda Semarang, Selo Pangestu, saat ditemui Semarangdaily, Senin, (7/4/15).

“Semarang memiliki potensi besar di sektor kepemudaan, sayang sekali jika itu diabaikan,” pungkasnya.

Selo mengungkapkan jika pemuda memiliki kemampuan dan tingkat tingkat kreativitas yang sangat baik. Sehingga, seringkali memberikan gagasan serta ide-ide yang baru dan segar. Hal ini  relevan dengan kebutuhan kota akan terobosoan-terobosan seiring tuntutan zaman dan waktu.

Ia mengungkapkan jika di Kota Semarang sudah banyak sekali komunitas-komunitas yang lahir didorong oleh pemuda yang concern terhadap isu-usu yang berkembang di Kota Semarang.

“Banyak sekali komunitas–komunitas yang diinisiasi oleh pemuda-pemuda di Kota Semarang,” kata Selo, yang merupakan ketua event nasional Future Leaders Summit (FLS) 2015 ini.

Libatkan Pemuda

Seiring dengan berjalannya pembangunan kota, Selo mengungkapkan jika sudah seharusnya pihak-pihak, baik swasta maupun pemerintah melibatkan dan menggandeng para pemuda yang memiliki concern sama terhadap pembangunan kota.

“Sudah banyak komunitas yang diinisiasi pemuda, selanjutnya adalah bagaimana ide-ide dan gagasan kita diikutkan dalam pembangunan kota,” pungkasnya.

Terutama swasta, harus ada dorongan untuk melakukan kerjasama dengan komunitas-komunitas kepemudaan.

“Dengan kerjasama, maka akan ada timbal balik pada masing-masing pihak, baik komunitas maupun swasta, dan selanjutnya akan berdampak baik bagi pembangunan kota,” tambahnya.

Ia mengungkapkan jika forum-forum komunitas kepemudaan, pemerintah, dan swasta adalah sangat penting untuk dijalankan. Sehingga, mampu mempertemukan kepentingan-kepentingan berbagai pihak dan memunculkan sinergi positif dalam pembangunan kota.

Indra Kusuma

Seorang Mahasiswa Teknik Informatika yang menyukai Web Development dan turut aktif sebagai aktivis kepemudaan Future Leader Summit.

Add comment

Yang Lagi Ngetrend

Paling Populer

Kategori Artikel