Blog Future Leader Summit

Mengenal Sosok Inspiratif Dibalik Dunia Perbankan Syariah

Dalam dunia perbankan syariah, ada seseorang yang sepak terjangnya begitu diapresiasi oleh negara-negara Islam yang tergabung dalam Organisasi Konferensi Islam atau (OKI), khususnya Indonesia. Yaitu Ahmad Muhammad Ali Al Madani, seorang pria yang sekarang berusia 82 tahun ini mengabdikan dirinya selama 41 tahun sebagai presiden Islamic Development Bank atau disingkat dengan IsDB.

Sosok Ali begitu patut untuk diteladani. Atas gagasan atau ide Ali lah IsDB hadir dan menjawab tantangan di dunia finansial, khususnya finansial berbasis syariah yang memiliki visi melakukan pembangunan berkelanjutan dan memberantas kemiskinan di dunia, khususnya di negara-negara Islam.

Seperti yang harus diketahui bahwa pada awal mula Ali mendirikan IsDB, Ali melalui banyak hambatan. Banyak ucapan meremehkan dan menjatuhkan dari beberapa pihak yang kontra terhadap dirinya. Tetapi dengan semangat yang sangat tinggi, Ali tidak menghiraukan cibiran tersebut dan dengan tetap semangat mendirikan IsDB.

Semangat inilah yang seharusnya selalu dimiliki oleh para pemuda untuk membangun Indonesia yang mandiri dan maju. Hal ini pula salah satu alasan yang mampu mengispirasi pemuda agar tidak pernah patah semangat untuk meraih cita-citanya meski dihadang banyak cibiran atau ungkapan yang meremehkan.

Tidak berhenti di situ, Ali juga menjawab tantangan tersebut dengan hasil pencapain yang sangat signifikan. IsDB menjelma menjadi lembaga keuangan multilateral terbesar di dunia dengan jumlah anggota yang mencapai 56 negara. Tidak hanya itu, IsDB berhasil mendapatkan Fitch Rating dengan peringkat AAA pada tahun 2016.

Itulah sepenggal cerita keberhasilan dari sosok  Ali Al-Madani yang sangat menginspirasi kita semua khususnya para pemuda penerus bangsa. Tulisan ini bagi kami sebagai penulis, menjadikan pemudah untuk memberikan dorongan motivasi agar terus semangat dalam berkarya dan meraih impian untuk memajukan bangsa dan negara Indonesia sehingga Indonesia menjadi adil, makmur, maju, mandiri, dan sejahtera di semua sektor. Harapan kami adalah semoga semuanya ini tidak hanya sebatas karya tulis semata, tetapi juga dapat kami terapkan di kehidupan sehari-hari sehingga cita-cita untuk memajukan negara ini dapat segera terealisasikan.

“Amin ya Rabbal Alamin.”

 

Kontributor:

Rahmat – Universitas Muslim Indonesia Makassar

 

Atikah Rahmawati

1 comment

Paling Populer

Kategori Artikel